Sholat di masjid dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW, adakah hikmah dan manfaat dibalik sholat di masjid?

Bagi umat Islam di dunia, sholat merupakan kewajiban, yang tak boleh ditinggalkan, maka dari itu Nabi Muhammad SAW berpesan bahwa jangan tinggalkan sholat, sampai dalam satu sabda beliau yang menerangkan bahwa jika tak bisa sholat sebagaimana orang biasa melakukannya dengan berdiri, maka dianjurkan untuk melakukan sholat dengan duduk, apabila duduk tak bisa maka dengan tidur, apabila dengan tidur juga tak bisa maka dengan isyarat, sebegitu pentingnya sholat, jadi jangan ditinggalkan ya, mudah-mudahan kita selalu diberi pencerahannya untuk tak lalai dalam sholat ini, amin.

Apabila seorang muslimin dan muslimah melakukannya maka ia akan mendapatkan pahala sunah

Berkenaan dengan sholat, Nabi Muhammad SAW selalu mengutamakan dan menganjurkan pada umatnya sebisa mungkin sholat di masjid. Setelah adzan diperdengarkan setiap muslim dianjurkan untuk segera bersiap-siap sholat di masjid, karena ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, maka apabila seorang muslimin dan muslimah melakukannya maka ia akan mendapatkan pahala sunah. Nah berikut ada beberap tips, agar langkah saudara dalam menjalankan ibadah sholat dimasjid relatif lebih mudah, tentu saja menurut perspektif ilmuagama.org. 

Lepaskan diri dulu dari kesibukan saat itu

Pertama, apabila saudara mendengar suara adzan dari masjid terdekat maka sebaiknya segera langsung tunda pekerjaan yang sedang dilakukan, lepaskan diri dulu dari kesibukan saat itu.



Cari Masjid yang paling dekat untuk langsung  sholat

Kedua, apabila ikhwan atau ukhti dalam perjalanan jauh, misalnya dari Jawa Timur ke Jakarta, dan ketika misal baru saja keluar dari kota Surabaya, kemudian dengar adzan, langsung saja cari Masjid yang paling dekat untuk langsung  sholat.


Ikhwan atau ukhti juga harus berkomitmen

Ketiga, ini yang biasanya sulit, yaitu sholat subuh, sholat subuh tepat waktu aja susah, apalagi sholat dimasjid, agar ini bisa berbalik 180 drajat, maka tips ini patut dicoba, pasang  alarm 30 menit  sebelum adzan subuh, dimana ikhwan atau ukhti juga harus berkomitmen beberapa saat sebelum tidur, bahwa besok pagi mau bangun subuh jam 4 untuk kemudian sholat jamaah subuh dimasjid, insya Allah jika konkrit seperti itu, maka pasti bisa bangun, TS sudah praktekin kok, jadi memang harus serius dan sungguh-sungguh, insya Allah dimudahkan.

Nah ketiga tips diatas, boleh kok segara dipraktekin. Somoga Ikhwan dan Ukhti dapat segera sholat di masjid sesuai anjuran nabi Muhammad SAW. Oh iya jika artikel ini bermanfaat silahkan di share ya, namun apabila ikhwan atau ukhti memandang artikel ini banyak mudhorotnya silahkan hubungi TS, nanti TS hapus, ikhwan dan ukhti juga dapat komentar dikolom bagian bawah yang sudah tersedia, namun apabila ingin lebih privacy silahkan kirimkan pertanyaannya ke email ilmuagama.ts@gmail.com nanti pasti TS balas dengan cepat. semoga sukses ya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sholat di masjid dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW, adakah hikmah dan manfaat dibalik sholat di masjid?"

Posting Komentar